Grafis komputer

 

Flyer Produk Polda Lampung ( Menggunakan Aplikasi CoreldrawX7

 Apa itu Flyer ?


Flyer adalah suatu alat pemasaran yang biasanya dicetak dalam bentuk kertas, dengan ukuran yang biasanya tidak terlalu besar, dan maksimal menggunakan ukuran kertas A4 berbahan HVS, art paper, ataupun art carton. Strategi pemasaran menggunakan flyer adalah salah satu yang tertua, terutama setelah ditemukannya mesin cetak, yang telah dipakai sejak abad ke 18 di seluruh dunia sebagai salah satu perangkat pemasaran yang diandalkan.

Kegunaan Flyer 

Dikarenakan bentuknya yang sederhana, salah satu kegunaan flyer adalah untuk dicetak dalam jumlah besar dan dibagikan kepada banyak orang yang sedang lalu-lalang di jalan, dan biasanya dilakukan di tempat umum seperti taman, mal, dan lain sebagainya.

Karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan juga tidak tebal, maka diharapkan mereka yang menerima flyer akan dengan mudah membaca informasi yang tertuang di dalam flyer tanpa perlu membolak-balik kertas atau membuka lipatan.

Sehingga diharapkan mereka yang tertarik dengan informasi yang ada di dalamnya akan menyimpan dan mengingat informasi yang ada di dalam flyer, serta bagi yang tidak tertarik bisa membuangnya di tempat sampah.

https://youtu.be/1PIQ3KfU7BA

Resume Perkembangan Komputer Grafik

 Perkembangan Komputer Grafik

Komputer Grafik merupakan ilmu komputer yang berkaitan dengan visual secara digital. Bentuk sederhana dari Komputer Grafik ada yang berupa 2D yang kemudian berkembang menjadi 3D, image processing, dan pattern recognition. Di bawah ini merupakan bagian dari Komputer Grafik yang perlu kita ketahui:

1.     Geometri, mempelajari cara menggambar permukaan bidang

2.     Animasi, mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi animasi

3.     Rendering, mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya

4.     Imaging, mempelajari cara pengambilan dan penyunting gambar

Sejarah dan Perkembangan Komputer Grafik

Perkembangan Komputer Grafik di bagi menjadi empat fase, yaitu:

1.     Fase Pertama, tahun 50an

Merupakan era Komputer Grafik interaktif. Pada tahun 50an MIT mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode. Komputer ini mampu memaparkan grafik pasif yang digunakan untuk keperluan pertahanan. Akhir tahun 50an banyak orang menggunakan pena cahaya sebagai alat input,selain itu pada periode yang sama alat pemrograman otomatis telah berhasil dibuat.

2.     Fase kedua, dekade 60an

Pada fase ini Komputer Grafik interaktif moderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD. Beliau juga menggambarkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya. Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.

3.     Fase ketiga, dekade 70an

Pada fase ini sektor industri, pemerintahan dan ilmuan mulai sadar akan pentingnya Komputer Grafik interaktif untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.

4.     Fase keempat, dekade 80an

Pada masa ini Komputer Grafik sudah berkembang sangat pesat. penelitian fase ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomatisasian sebagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modeling) hal ini berguna untuk industri masa depan.

 

Perkembangan Komputer Grafik menjadi hal yang sangat menunjang kehidupan manusia saat ini, banyak sekali bidang-bidang yang bergantung atau terbantu dengan adanya perkembangan  komputer Grafik, antara lain:

·       Antar Muka Pengguna  (Graphic User Interface-GUI)

·       Perta (Cartogrphy)

·       Kesehatan

·       Perancangan objek (Computer Aided Design)

·       Sistem Multimedia

·       Presentasi Grafik

·       Presentasi Saintifik

·       Pemrosesan Citra

·       Simulasi

Format Gambar Pada Komputer Grafik

·       Gambar Vektor

Gambar vektor adalah gambar yang menggunakan poligon untuk membuat gambar pada komputer grafis. Lokasi-lokasi pada vektor dinamakan control points atau nodes. Setiap posisi ini memiliki posisi yang pasti berdasarkan sumbu X dan Y dari bidang kerja dan menentukan arah jalan. Setiap alur pada vektor bisa ditambahkan atribut, termasuk ketebalan garis, bentuk, kurva, warna garis, dan warna isi. Contoh format gambar vektor adalah SVG.

·       Gambar Bitmap

Gambar bitmap adalah sebuah struktur data yang mewakili susunan piksel warna yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau media lainnya. Contoh format gambar bitmap yang sering dijumpai adalah GIFJPEG, BMP dan PNG.

Dampak Perkembangan Komputer Grafik Terhadap Manusia

·       Mempermudah untuk melakukan penjelasan terhadap sebuah konsep atau produk dalam bentuk visual, seperti presentasi menggunakan PowerPoint, mempromosikan sebuah produk dalam bentuk brosur, dll.

·       Terdapat juga hiburan secara visual yang bervariatif, seperti film, foto, dll.

·       Membantu banyak pekerjaan manusia secara visual, misalnya dalam desain arsitektur sebuah rumah, pentunjuk jalan seperti peta, dll.

·       Perkembangan Komputer Grafik yang terkadang disalah gunakan oleh manusia.

·       Sebagian orang yang selalu bergantung dengan adanya Komputer Grafik.

·       Untuk pembuatan dan penggunaan Komputer Grafik bisa terbilang memerlukan biaya yang cukup mahal.

Desain Rumah Menggunakan Sketchup

 Pengertian Sketchup :

Sketchup adalah software untuk membuat atau mengedit desain grafis dengan model 3D, dengan alat-alat (tools) yang sudah disediakan untuk merancang 3D, salah satu tool utamanya adalah push dan pull.

Penggunaan software sketchup sering dipakai dalam berbagai bidang seperti:

  1. teknik sipil,
  2. arsitektur,
  3. interior,
  4. pembuatan film,
  5. pembuatan game,
  6. atau membuat sebuah rancangan 3D
Fungsi dan Kegunaan Tools Sketchup

  1. Select (alat untuk memilih atau memodifikasi objek/model.
  2. Make Component (alat yang digunakan)
    untuk menggabungkan objek satukesatuan)
  3. Paint Bucket yaitu alat untuk menyisipkan warna pada objek.
  4. Eraser (penghapus)
  5. Rectangle (membuat objek kotak).
  6. Line (membuat garis)
  7. Circle (objek bulat)
  8. Arc (setegah lingkaran)
  9. Polygon (bentuk poligon)
  10. Freehand (bebas menggambar)
  11. Move (memindahkan)
  12. Push/Pull (mengubah menjadi 3D)
  13. Rotate (rotasi)
  14. Follow Me (mengikuti Objek yang dissuaikan)
  15. Scale (sekala objek)
  16. Offset (dupikasli objek garis)
  17. Tape Measure Tool (mengukur)
  18. Dimension (alat dimensi objek)
  19. Protractor (alat ukur kemiringan objek)
  20. Text Tool : Untuk menyisipkan tulisan.
  21. Axes : Memindahkan atau reorientasi sumbu menggambar.
  22. 3D Text (text 3D)
  23. Orbit (pandangan objek)
  24. Pan (pandangan objek secara vertikal dan horizontal)
  25. Zoom (memperbesar dan memperkecil)
  26. Zoom Extents (memperbesar dan memperkecil satu layar)
  27. Previous (undo preview)
  28. Next (redo preview)
  29. Position kamera (posisi kamera)
  30. Look Around (posisi kamera dari titik stasioner)
  31. Walk (bejalan melalui toure model)
  32. Section Plane (membuat pemotongan pada bagian efek
    untuk melihat geometri dalam model)
https://youtu.be/9WY1ETcPVQQ

Membuat & Menguasai UI Design Sederhana Figma

Fungsi Figma :

Figma adalah alat atau tool yang solid dan dengan paket gratis yang tersedia, yang bisa dicoba bagi siapa saja yang bekerja di ruang digital. Ini termasuk dalam kemampuannya untuk membantu para desainer dan penggunanya dalam kemudahan pemasaran produk atau desain mereka kepada klien dan calon pemberi kerja. Secara umum, Figma paling dihargai dan digunakan oleh mereka yang bekerja dalam tim yang lebih kolaboratif dan aktif.

Menampilkan keunggulan banyak fitur, alat desain dan prototipe proyek sejenis tidak memiliki fitur kunci serta kemampuan seperti Figma sehingga Figma menjadi pilihan utama jika dibandingkan dengan yang lain. Fitur- fitur Figma terbukti dapat menghemat waktu desainer dan membuat proyek serta kerjasama dalam bentuk tim berjalan lebih lancar.

Fitur-Fitur utama Figma

Fitur- fitur utama Figma yang paling unggul meliputi :

  1. Alat pena modern yang memungkinkan Anda menggambar ke segala arah dan desain busur instan
  2. Fitur font Open Type
  3. Tugas otomatis melalui plugin untuk elemen berulang untuk mempercepat proyek
  4. Alat seleksi cerdas dengan penyesuaian otomatis untuk pengaturan jarak, pengaturan, dan pengorganisasian
  5. Metode dan cara fleksibel yang menghemat hak untuk proyek Anda
  6. Kemampuan membuat sistem dan komponen desain
  7. Perpustakaan dan cara drag and drop yang dapat diakses
  8. Kemampuan untuk memawadagi banyak audien tanpa batas pada suatu proyek sehingga seluruh pembagian progress kerja tim
  9. Kemampuan memeriksa file desain dan grab code sinppets
  10. Fitur ekspor mudah yang memiliki tautan langsung (bukan hanya format PDF datar)
  11. Desain interaksi dan prototipe yang dioptimalkan untuk seluler
  12. Animasi cerdas untuk menghubungkan objek dan transisi
  13. Komentar tersemat (embedded comment)
  14. Kemampuan untuk mengedit bersama dengan tim secara waktu nyata (real- time) di ruang desain bersama
  15. Riwayat versi yang memungkinkan Anda mengetahui segala sesuatu atau progress yang telah berubah dan siapa saja yang melakukannya
  16. Buat sistem desain dengan aset yang dapat dicari, gaya dan desain yang dapat dibagikan dan semuanya dalam satu lokasi
  17. Kemampuan membuat komponen yang dapat digunakan kembali dengan kemampuan untuk menimpanya jika diperlukan
  18. Satu platform untuk segalanya, mulai dari desain hingga prototipe
Apa Itu Figma :

Figma adalah editor grafis vektor dan alat prototyping dengan berbasis web serta fitur offline tambahan yang diaktifkan oleh aplikasi desktop untuk Mac OS dan Windows. Aplikasi pendamping Figma Mirror untuk Android dan iOS memungkinkan untuk melihat prototype Figma pada perangkat seluler. Rangkaian fitur Figma berfokus pada penggunaan dalam antarmuka pengguna dan desain pengalaman pengguna dengan penekanan pada kolaborasi waktu nyata (real- time).

Sederhananya, Figma adalah desain digital dan alat prototyping. Ini adalah aplikasi desain UI dan UX yang dapat Anda gunakan untuk membuat situs web, aplikasi, atau komponen antarmuka pengguna yang lebih kecil yang dapat diintegrasikan ke dalam proyek lain. Dengan alat berbasis vektor yang hidup di cloud, Figma memungkinkan para penggunanya untuk bekerja di mana saja dari browser. Cara ini termasuk alat zippy yang dibuat untuk desain, pembuatan prototipe, kolaborasi, dan sistem desain organisasi.

Alat atau tool yang sebanding dengan Figma adalah termasuk Sketch, Adobe XD, Invision, dan Framer. Juga seperti banyak tool lainnya, Figma didukung oleh komunitas desainer dan pengembang yang kuat yang berbagi plugin untuk meningkatkan fungsionalitas dan mempercepat alur kerja. Siapa pun dapat berkontribusi dan berbagi. Figma juga digunakan oleh beberapa merek besar termasuk Slack, Twitter, Zoom, Dropbox, dan Walgreens. Nama-nama itu saja menunjukkan bahwa alat ini cukup kuat untuk memberi daya pada hampir semua proyek.😊😊😊😊😊😊

Komentar